Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TIPS PERAWATAN KHUSUS MOTOR YAMAHA NMAX

Merawat Sepeda Motor Khusus Matic CC Besar Harus Secara Berkala

Perkembangan teknologi yang semakin canggih melahirkan media transportasi yang semakin canggih pula. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan sepeda motor pun juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Siapa yang tak mengenal sepeda motor metic Yamaha yang memiliki body gagah dan performa yang memikat. Ya, Yamaha Nmax hadir mewarnai dunia skutik Indonesia. Skutik yang dirilis pada tahun 2015 ini berhasil menarik perhatian masyarakat bahkan juga di kalangan bikers Indonesia.

gbr dari Yamaha-motor.co.id













Yamaha yang terbilang cukup mahal ini telah memasuki usianya yang ke-empat tahun. Sukses bertahan dan meng-eksis, Yamaha Nmax memang memiliki keistimewaan khusus baik istimewa dari segi bodi motornya maupun dari performa mesinnya. Saat digunakan terlihat santai dan nyaman dikendarai. Mesin cukup bandel dan lincah. Namun tentu saja di balik itu semua, Nmax memerlukan perhatian dan perawatan khusus agar tetap sehat dan nyaman dikendarai.

Baca Juga : Penyebab Mobil Brebet Belum Tentu Karburatornya

Baca Juga : Penyebab Air Radiator Cepat Habis

Bagi Anda yang memiliki motor Yamaha Nmax, Anda perlu menyimak 4 Tips Perawatan Khusus Motor Yamaha Nmax yang mudah dan tidak ribet.

1. Pengecekan secara terjadwal

Jika Anda menyukai travelling dengan mengendarai Nmax, maka sangat disarankan bagi Anda untuk rajin-rajin mengecek motor secara terjadwal dan berkala. Saat jarak tempuh motor telah menjangkau 35.000 km lebih maka Anda harus segera mengecek dan membawanya ke dealer resmi Yamaha. Cek sparepart, jika perlu gantilah agar mesin motor Anda tidak mudah mengalami kerusakan.

2. Jangan telat ganti oli

Jenis motor Nmax ini menggunakan 2 jenis oli yang harus diganti secara bertahap. Saat jarak tempuh motor Nmax Anda telah mencapai kurang lebih 2.000 km, itu waktunya bagi Anda  untuk mengganti oli biasa. Sedangkan ketika sudah mencapai jarak 8.000 km, saatnya Anda mengganti oli CVT. Jenis oli CVT ini memiliki fungsi khusus untuk memperhalus kerja gear pada transmisi otomatis.

3. Mengecek mesin motor secara berkala

Untuk mengecek mesin motor Nmax sebaiknya Anda lakukan minimal satu bulan sekali untuk melihat kemungkinan kerusakan yang terjadi pada motor Anda. Bagian injeksi motor Yamaha Nmax adalah bagian yang krusial. Pada perangkat ini bahan bakar akan diubah menjadi gaya gerak untuk mendorong kerja motor. Jika Anda tidak pernah mengecek bagian injeksi motor ini, dikhawatirkan motor dapat mogok sewaktu-waktu.

4. Rajin membersihkan motor

Membersihkan motor dengan cara mengelap dan mencucinya mungkin merupakan langkah perawatan yang sepele namun akan memberikan kesan motor Anda nampak mengkilap dan memiliki performa yang keren. Setidaknya Anda mencuci Yamaha Nmax Anda dua minggu sekali terlebih pada saat musim hujan Anda harus lebih rajin lagi untuk mencucinya.

Selain melakukan perawatan khusus motor Yamaha Nmax dengan baik dan rutin, Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaan motor Yamaha Nmax. Anda tentu tahu body motor Yamaha Nmax cukup bongsor sehingga sebaiknya Anda menghindari jalanan yang padat merayap. Hal ini dilakukan untuk menghindari bersenggolan dengan body motor lainnya. 

Nmax juga memiliki kelebihan dengan tampilan bagasi yang luas dan bisa untuk menaruh helm maupun tas. Kapasitas bagasi yang cukup besar ini tentu tetap harus dijaga kebersihannya.

Kelebihan lainnya pada Yamaha Nmax ini terletak pada speedometernya. Dengan mengecek perangkat ini, Anda dapat mengetahui keadaan oli, v-belt maupun bahan bakar yang telah dipakai. Indiktor akan menyala saat 4.000 km sebagai pertanda untuk pergantian oli, sedangkan setiap 25.000 km lampu akan menyala sebagai tanda untuk mengganti v-belt CVT.

Setelah Anda menyimak 4 Tips Perawatan Khusus Motor Yamaha Nmax yang cukup mudah dan simpel sebagaimana yang telah dirangkum di atas, jangan lupa untuk diterapkan dan disebarluaskan ke pengguna Yamah Nmax lainnya.


Posting Komentar untuk "4 TIPS PERAWATAN KHUSUS MOTOR YAMAHA NMAX"