Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Radiator Mobil Cepat Habis, Air Radiator Apa Yang Baik Untuk Mobil?

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Berkuang Dan Habis

gbr. pixabay.com Air Radiator Mobil









Masyarakat sekarang ini banyak sekali yang menggemari mobil tua, dan rata - rata tahun 2000 ke bawah. Mobil tahun itu sudah waktunya penggantian spartpat khusunya Radiator Mobil, tetapi tergantung perawatan pemilik mobil awalnya juga sih.... Mobil tersebut terkadang terjadi kendala khususnya di sistem pendinginannya. Dan pemilik mobil pasti melakukan pengecekan pada radiator. dan sering ditemukan kendala Air Radiator Cepat Berkurang Dan Habis. Jika dibiarkan lama lama akan terjadi kerusakan yang tambah parah dan tentunya akan memerlukan biaya yang sangat tinggi pula.

Dengan sering kita melakukan pengecekan pada mobil, kita akan segera mengetahu jika terjadi Air Radiator Mobil Cepat Berkurang Dan Habis. Dengan membawa ke bengkel mobil langganan belum tentu permasalahnnya itu akan cepat terselesaikan, karen air radiator mobil cepat berkurang bahkan habis itu banyak sekali faktor yang perlu kita analisa.

Berkut ini Beberapa Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Mari kita analisa satu persatu ya untuk mengetahui penyebabnya.

Tutup Radiator

gbr pemeriksaan tutup radiator


















Tutup radiator adalah komponen yang sangat penting sekali untuk di cek pertama kalinya. Perhatikan samping kanan dan kiri dari tutup radiator apakah ada bekas air yang nempel di di radiatornya. Jika ada bisa dipastikan tutupnya perlu pengecekan. 
Copot tutup radiator dan lihat dengan seksama apakah karet tutup radiator masih utuh dan apakah masih baik secara penglihatan. dan cek pegas nya . bagaimana tekanannnya. Tetapi alangkah lebih baiknya untuk tutup radiator langsung Ganti saja dengan yang baru dan yang Asli. ingatt.. yang asli ya. Harga agak mahal tetapi dijamin kualitasnya baik.

Sirip Radiator
Sirip radiator yang mengalami kebocoran dan bocornya tidak kelihatan kasat mata. kemungkinan bocornya pada saat mesin hidup dan pada saat mesin hidup mesin panas, air yang keluar dari radiator akan langsung menguap melewati sirip radiator. 
" Saran saya bawa ke tempat service radiator langganan anda ya"

Kipas Radiator
Kipas radiator juga merupakan komponen pendingin dari mesin dan radiator itu sendiri, Pastikan kipas radiator Berputar, jika masih berputar amatai dan cek perputarannya. apakah perputaran kipas masih sesuai dengan standartnya. jika daya putaran menurun berarti kipas juga berpengaruh.

Water Pump Bocor
Jika water pump bocor akan mengakibatkan air radiator berkurang lebih cepat. karena air radiator akan keluar dengan cepat.

Radiator Sudah Berumur
Radiator Sudah berumur? maksudnya adalah umur radiator bisanya sudah kedaluwarsa wkwk.. wkwk..

Jadi teorinya begini: Jika umur radiator sudah tua, maka pada saat dibawa ke service radiator pada saat di patri dengan timah tidak akan bertahan lama. memang pada saat dipatri itu saat itu bagus dan timah nempel dengan sempurna. Tetapi setelah dipasang di mobil dan dipakai harian kira kira satu bualan sudah mulai bocor. 
"Nah..ini terkadang yang tidak dipercaya pemilik mobil, masak harus ganti radiator??"
Penulis punya pengalaman seperti diatas kasusnya. sampai kepala pusing gara agara Air radiator mobil cepat habis. Dan Solusinya adalah mengganti Radiator.

Air Radiator Apa Yang Baik Untuk Mobil?
Jika membeli mobil bekas cek apakah air radiaornya menggunakan air biasa apa coolant, jika air biasa teruskan memakai air biasa tetapi harus selalu sering dikuras.
Jangan sekali kali mengganti dengan air Coolen, karena akan merusak ruang sirkulasi air radiator, Kecuali, setelah turun mesin baru yang tadinya air biasa di rubah Air Coolant tidak masalah. 
Air radiator yang baik yang jelas bawaan mobil. bawaan mobil biasanya Air Coolant.

Tips Merawat Air Radiator
1. Selalu periksa air radiatornya
2. Selalu kuras air radiatornya setiap 3 sd 4 bulan sekali ( khusus air )
3. Periksa air radiator minimal 1 minggu sekali
4. Gunakan air radiaotr Coolant.



  

1 komentar untuk "Air Radiator Mobil Cepat Habis, Air Radiator Apa Yang Baik Untuk Mobil?"

  1. Saya pakai air AC.katanya teman teman baik untuk radiator.akhirnya ini saya coba

    BalasHapus