Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Meredakan Panas Anak Dengan Cara Alami

Gejala suatu penyakit yang umumnya sering terjadi adalah suhu tubuh meningkat lebih dari 37oC. Suhu badan di atas normal inipun juga sering menyakiti anak-anak, terlebih pada kondisi saat sekarang ini cuaca sering mengalami perubahan drastis. Gejala panas badan ini juga seringkali diikuti oleh gejala lain di antaranya kepala terasa pusing, kedinginan hingga menggigil, dan kadang timbul keringat dingin. Kondisi yang demikian sering orang menyebutnya sebagai demam. Dibawah ini adalah 10 Cara meredakan panas anak dengan alami.

walaupun sakit anak anak masih bisa tersenyum








Setiap orang tuapun mempunyai cara tersendiri untuk meredakan panas pada anak. Sebelum pergi ke Dokter, biasanya orang tua terlebih seorang ibu biasanya akan memberikan alternatif pengobatan secara alami.

kesedihan anak Afrika diambil dari pixabay










Sebelum Anda membawa anak ke dokter, terlebih kondisi pandemi seperti sekarang ini. Lebih baiknya Anda meredakan panas pada anak dengan cara alami. 

10 Tips Meredakan Panas Anak Secara Alamai

1. Memandikan anak dengan menggunakan air hangat

Mungkin bagi sebagian orang tua memandikan anak saat badan panas merupakan hal yang mengkhawatirkan. Namun jika menggunakan air hangat saat memandikannya justru akan menjadi alternatif untuk menurunkan panasnya. Menambahkan minyak essensial ke dalam air dapat membantu menenangkan tubuhnya. Tapi jika Anda benar-benar khawatir, Anda cukup mengelapnya menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

2. Mengompres menggunakan air hangat

Alternatif lain jika tidak berani memandikan anak, Anda dapat mengompresnya saja dengan air hangat. Gunakan kain yang lembut atau handuk yang telah dibasahi air hangat dan letakkan pada daerah lipatan.

3. Memberikan pijatan-pijatan kecil dengan menggunakan ramuan herbal

Memijat anak dengan pijatan-pijatan halus disertai pelumuran minyak kayu putih, atau dapat menggunakan minyak telon.

4. Mengolesi bagian dada dan punggung menggunakan pepermint oil

Memberikan olesin minyak yang mengandung mentol (pepermint oil) dapat melancarkan gejala demam. Selain itu juga dapat menurunkan suhu tubuh si anak.

5. Mengoleskan parutan bawang merah

Selain sebagai bumbu masak, bawang merah dipercaya dapat menurunkan panas badan anak. Anda juga dapat mencampurkannya dengan minyak kayu putih dan jeruk nipis. Ramuan ini dapat dioleskan di bagian punggung, dada, dan perut. Ramuan ini dapat dibalurkan secara rutin sehari dua kali.

6. Menambah asupan cairan berupa minuman hangat

Demam atau panas badan yang menyerang anak dapat membuatnya menjadi dehidrasi. Sebaiknya berikan asupan cairan berupa minuman yang hangat seperti jahe atau madu.

7. Memberi minuman jahe hangat

Buatkan minuman berupa jahe hangat untuk melawan panas dan gejala demam lainnya. Dengan meminum jahe hangat ini, anak akan mengeluarkan keringat dan panas badan akan berangsur-angsur turun.

8. Meminumkan air kelapa

Air kelapa mengandung ion-ion dan elektrolit yang dapat membuang racun dalam tubuh. Kandungan vitaminnya secara efektif menyegarkan tubuh sehingga demam panas anak dapat turun secara perlahan.

9. Memberikan asupan gizi tinggi

Dalam keadaan demam dan panas terkadang anak kehilangan nafsu makan dan seringkali terjadi penurunan berat badan. Makanan bergizi tinggi menjadi salah satu sumber kekebalan tubuh. Untuk itu Anda dapat memberikan asupan gizi tinggi berupa kuah daging atau sop daging maupun sayuran yang dimasak dan dicampurkan dengan daging agar gizinya menjadi lebih lengkap.

10. Memperbanyak istirahat

Terkadang anak tidak peduli dirinya sakit dan tetap aktif bergerak dan bermain berlarian. Hal ini dapat menyebabkan demamnya bertambah tinggi. Untuk itu, sebisa mungkin Anda sebagai orang tua menasehati dan meminta si anak untuk lebih banyak beristirahat.

Sepuluh langkah efektif di atas sebagai upaya alternatif untuk menurunkan panas badan anak saat Anda tidak membawanya ke dokter. Harapannya dengan cara alami ini, panas badan anak dan demamnya segera turun dan sehat kembali.


Posting Komentar untuk "10 Cara Meredakan Panas Anak Dengan Cara Alami"