Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP BOLU PISANG PANGGANG ANTI GAGAL

Pernahkah Anda berkali-kali gagal dalam membuat kue? Padahal Anda sangat menginginkan kue buatan sendiri atau ingin membuatkan kue untuk buah hati tercinta. Bisa membuat kue sendiri tentunya tidak hanya membanggakan tetapi juga bisa memperkirakan tingkat kemanisan dan rasa yang diharapkan.

Kue bolu bisa menjadi camilan yang lezat jika Anda bisa membuatnya dengan takaran bahan yang tepat. Bisa juga menjadi makanan oleh-oleh untuk saudara atau teman. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Kue bolu panggang cukup recommended jika mau digunakan sebagai oleh-oleh untuk saudara jauh. Jenis bolu panggang ini bisa awet 5 sampai 10 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Untuk mendapatkan rasa yang lezat, Anda dapat mengkombinasinya dengan buah pisang raja. Ini tentu akan menambah cita rasa yang enak dan lembut pada bolu pisang panggang. Nah.. berikut ini adalah resep bolu pisang panggang anti gagal yang perlu Anda ketahui.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bolu pisang panggang sebagai berikut.

• 3 buah pisang raja

• 2 butir telur

• 145 gram gula pasir (untuk yang suka manis)

• 1 sdt Speakuk

• ½ sdt Baking Powder

• 150 gram tepung terigu protein sedang

• 20 gram susu bubuk

• 100 gram margarine yang dilelehkan

• 50 mL minyak goreng

Untuk cara pembuatannya ini, Anda perlu menyiapkan alat-alat seperti mixer (bisa mixer otomatis atau bisa menggunakan mixer yang manual), pengaduk (spatula untuk mencampurkan di tahap akhir), dan oven (pemanggang). Anda dapat menggunakan oven listrik atau oven tangkring. Yang terpenting adalah pengaturan suhunya. Jika menggunakan oven tangkring maka Anda perlu mengatur besar kecilnya api kompor yang digunakan. 

Tahap pembuatannya yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

1. Langkah pertama, tentunya Anda perlu menyiapkan alat-alat dan bahannya terlebih dahulu. Usahakan semuanya sudah tertata secara lengkap di meja masak. Takar semua bahan menggunakan alat timbangan agar komposisi bahannya tepat dan manisnya bisa sesuai selera Anda.

2. Langkah selanjutnya, lumatkan pisang raja yang sudah dikupas dan dicuci bersih menggunakan garpu atau Anda juga dapat melumatkan menggunakan mixer untuk hasil yang lebih bagus. Sisihkan terlebih pisang yang telah dilumatkan.

3. Jangan lupa panaskan juga ovennya dengan pengaturan api sedang agar saat adonan sudah siap, oven pun juga sudah panas dan siap untuk memanggang.

4. Berikutnya, ambil margarine dan lelehkan pada teflon lalu biarkan pada suhu ruangan.

5. Ambil wadah untuk mixer bahan-bahan berikut. Mixer telur, gula pasir atau lebih bagus lagi jika menggunakan gula halus, dan speakuk dengan kecepatan tinggi hingga nampak putih mengembang. Adonan akan nampak berlipat-lipat jika diangkat menggunakan spatula.

6. Tambahkan vanili (tapi ini bisa diskip). Masukkan baking powder dan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan sambil dimixer dengan kecepatan sangat rendah dan tidak perlu lama untuk mengaduknya.

7. Masukkan pisang raja yang telah dilumatkan tadi ke dalam adonan, kemudian aduk merata dengan menggunakan spatula. Tips dalam mengaduk dengan cara melipat-lipat adonan agar kue yang dihasilkan tidak bantat.

8. Tuangkan lelehan margarine dan minyak goreng ke dalam adonan, aduk lagi dengan cara melipat-lipat.

9. Siapkan loyang bulat, olesi dengan lelehan margarine dan bubuhi tepung terigu. Lalu tuang adonan kue tadi ke dalam loyang.

10. Masukkan ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 30 menit. Jika muncul aroma kue maka kue sudah mulai matang.

Nah... bagaimana resep kue bolu pisang panggang di atas cukup mudah dan tidak rumit bukan. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk " RESEP BOLU PISANG PANGGANG ANTI GAGAL"