Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Ikan Koi Dan Harganya

Sekarang ini ikan koi termasuk ikan yang digandrungi masyarakat Indonesia, Yang awalnya bersepeda sekarang sudah bergeser ke memelihara ikan, khususnya Ikan Koi. Ikan yang dikenal dengan sebutan kasper memiliki nama ilmiah Cyprinus Carpio. Sudah banyak yang memelihara ikan ini, ada yang dipelihara di kolam, aquarium, atau dijadikan untuk mempercantik tampilan rumah.

Memelihara Ikan Koi adalah sebuah hobi juga, lebih asyik lagi jika ikan koi di tempatkan di depan rumah dibuatkan sebuah kolam yang ada gemercik airnya. Gemercik air itu jika kita didekat nya otak kita akan terelaksasi dan tenang.

"Ikan Koi jika ditempatkan di satu kolam dengan jumah banyak harus ada panglimanya, agar mereka tidak bertengakar" Kata Engki Bastian Pemelihara Ikan Koi di Ponorogo.

Dia mengaku memelihara ikan koi belum lama, baru sekitar 4 sd 5 bulan. Dengan berbekal pengalaman itu dia sekarang membuat kolam budidaya Ikan Koi sejumlah 3 hektar dan ada 3000 ikan koi yang sekarang siap jual. Pada awal memelihara Ikan Koi dia sempat merugi karena baru ukuran 15 cm baru saja dimasukkan kolam terkena air hujan, akhirnya ikan itu mati sejumlah 600 ekor.

Seiring berjalannya waktu dia mulai paham cara cara merawat ikan koi itu, dan sekarang kolam nya sudah membuahkan hasil, dan sekarang panjang sekitar 25 sd 30 cm. Ibuh pria eks Jawa Pos itu.

Di Negara Jepang Ikan Koi merupakan simbul kecintaan dan persahabatan, maka dari itu Luar Negeri banyak sekali yang mempunyai Ikan koi ini, Sering orang yang tidak paham akan ikan menyebut ikan koi ini adalah ikan emas, padahal secara genetik keduanya berbeda. Tetapi Ikan koi masih kerabat dengan ikan emas, maka dari itu di Indonesia ikan koi disebut ikan mas koi.

Jenis - Jenis Ikan Koi

Dilihat dari corak, warna dan motif yang dimiliki ikan Koi dibedakan menjadi beberapa bagian.

1. Ikan Koi jenis Shusui

2. Tancho

3. Shiro Utsuri

4. Matsuba

5. Ki Utsuri

6. Kumonryu

7. Asagi

8. Showa Sanshoku

9. Taisho Sanke

10. Kohaku

Dari jenis jenis ikan diatas kalau anda menanyakan harga, tidak ada tabel harganya. Untuk menentukan harga terkadang dilihat dari warna dan panjang serta corak ikan. Jika corak warna dan panjang lebih dari 25 cm harga bisa 4 jt sd 7 jt, tergantung dengan corak warna.

Dan untuk saat ini memelihara ikan ko merupakan peluang untuk usaha yang sangat bagus khususnya ditahun 2021 ini, karena permintaan dari luar negeri juga bertambah, seperti China, USA,Jepang,Singapora, United Kingdom, Taiwan, Jerman, Belanda, Korea dan Perancis. Maka ayo tema teman budidaya ikan Koi ya.


Posting Komentar untuk "Jenis - Jenis Ikan Koi Dan Harganya"