Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indikator Aki Menyala, Apa Artinya?

Indikator Aki Menyala di mobil bisa saja terjadi pada mobil Anda. Karena kendaraan roda empat dilengkapi dengan berbagai indikator untuk memantau komponen - komponen yang ada di mobil supaya aman. Baik mobil pengeluaran yang tahun lama ataupun kendaraan pengeluaran yang terbaru sekalipun, pasti ada indikator tersebut. Dan dengan indikator anda bisa membaca kendala yang ada.

Semua kendaraan roda empat atau mobil sudah dilengkapi dengan indikator, setiap indikator memberikan pesan yang berberbeda beda pula. Salah satu contohnya : Indikator Engine, Temperatur, Aki dan lainnya, Sehingga jika terjadi permasalahan pada kendaraan, anda akan langsung mengetahuinya. Salah satu yang kita akan bahas di sini adalah indikator Aki.

Penyebab Indikator Aki Menyala

Banyak sekali faktor yang mengakibatkan indikator aki menyala, dan untuk mengetahui penyebabnya sendiri anda harus meneliti satu - satu komponen yang berhubungan dengan aki.Akan tetapi pengemudi biasanya tidak paham akan indikator yang menyala tersebut dan hanya asal tebak menebak saja. 

"Indikator aki menyala biasanya aki sudah mulai rusak, dinamo ampere sudah rusak dan masih banyak lagi praduga teak bersalah yang di sampaikan"

Sebelum kita menentukan bahwa kerusakan nya adalah .... anda harus cek dulu, jika memang anda tidak paham lebih baik bawa ke bengkel langganan anda. Walaupun dibawa ke bengkel langganan anda juga harus memberikan arah - arahan ke pada bengkel supaya bengkel tidak asal nebak dan asal ganti komponen.

"Pengalaman Saya Indikator Aki Menyala Adalah"

Saya periksa dulu mulai dari aki sampai dengan dinamo ampere, Berikut yang harus diperksa:

1. Periksakan aki, apakah masih normal ukurannya? 

Jika ukuran ampere aki masih normal, anda cek tanggal pembelian aki biasanya berada di aki ada tanggal pembelian. biasanya aki bertahan sekitar 2 sd 3 tahun, akan tetapi tergantung juga dengan kondisi pemakaian dan perawatan anda. Jika aku masih normal berarti untuk aki tidak ad masalah.

2. Periksa Dinamo Ampere

Pada dasarnya bengkel kalau di suruh memeriksa dinamo ampere rata rata malas, karena khususnya mobil sedan, memeriksa dinamo ampere harus mencopot banyak hal. Pada saat pemeriksaan dinamo Ampere pastikan Brostel dalam keadaan masih baik dan masih tebal, Periksa kumparan dinamo ampere apakah ada timah yang putus atau tidak, periksa IC dinamo ampere, apakah masih baik dan masih bisa menysirkulasikan arus apa tidak.

Jika kesemuanya sudah diperiksa Anda bisa mengambil kesimpulan, jika aku masih bagus berrati salah satu komponen dinamo ampere pasti ada yang rusak, salah satu contoh yang sering rusak adalah Brostle, IC dan kumparan dinamo ampere.Periksa itu semua, karena sistem pengisian bateray atau aki pada mobil terleat hanya di perangkat itu.

Biasanya dinamo ampere yang sering rusak adalah terletak pad brostel dan Ic dinamo, maka bisa dipastikan bahwa, perangkat itu ada yang rusak, tetapi periksa juga gulungan kawatnya. Ada kasus "gulunga kawat dalam dinamo ampere putus" maka aki tidak bisa menyimpan atau mengeluarkan arus listrik.

Dengan pengalaman itu saya sebagai "Penulis" berbagai informasi ini, agar informasi tentang Indikator Aki Menyala, teman teman bisa mengatasinya tanpa perlu dibawa kebengkel.

Sementara itu, menjaga aki agar tetap awet adalah : selalu mengecek keadaan air aki, dan jangan dibiarkan mobil terlalu lama diam ( Mesin Harus Dipanasi)

Kesimpulan:

Jika indikator aki menyala periksalah

1. Keadaan aki ( masih baik atau tidak ) terutama air aki.

2. Periksa Brostle dinamo ampere

3. Periksa IC dinamo ampere

4. Periksa kumparan dalamaan dinamo ampere.

Jika menemukan permasalahan lampu aki menyala. Maka dari itu perawatan rutin mobil itu sangat perlu dan harus rutin.

Demikain sedikit ulasan dari saya tentang Indikator Aki Menyala, semoga teman - teman yang membaca ini bisa sedikit membantu untuk mengatasi permasalah pada mobil teman - teman.

1 komentar untuk "Indikator Aki Menyala, Apa Artinya?"