Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Asam Lambung Harus Menghindari Makanan Yang Masam, Berlemak Dan Bekolesterol

Penyakit Asam Lambung harus menghindari beberapa makanan, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan dicerna oleh sistem pencernaan. Salah satu bagian dari sistem pencernaan yang sering mengalami gangguan adalah lambung. Lambung manusia memiliki sifat asam. Sifat alamiah inilah yang terkadang menyebabkan seseorang menderita gangguan lambung, jika tidak berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

Cara Mencegah Penyakit Asam Lambung


Lalu bagaimana caranya agar kita tidak mudah terkena penyakit lambung? Tentu saja dengan menjaga pola makan. Pola makan bisa ditinjau dari porsi makan, waktu makan, dan apa yang dimakan. Porsi makan yang baik adalah tidak berlebihan karena porsi yang berlebihan akan membuat kerja lambung semakin berat. Waktu makan yang baik adalah tiga kali sehari dengan jadwal yang trep (konsisten). Mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan-makanan penyebab gangguan lambung.

Selain itu juga dengan menjaga emosi agar tidak mudah stres. Orang yang sering mengalami stres, seringkali mengalami gangguan kesehatan dalam tubuhnya. Terlebih kaitannya dengan lambung. Semakin stres, maka asam lambung akan semakin naik.

Memperbanyak konsumsi air putih. Dengan air putih yang banyak dapat menetralisir makanan asam dalam lambung. Selain itu, dengan konsumsi air putih yang cukup dapat membantu memperlancar proses pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ngorok

Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam Lambung

Bagi seseorang yang sudah terlanjur terkena gangguan lambung, tentu saja harus benar-benar memperhatikan pola makannya. Ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita lambung.

1. Makanan yang Mengandung Lemak dan Kolesterol Tinggi

Makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi contohnya makanan yang cara pengolahannya dengan digoreng, makanan berminyak, daging yang berwarna merah, keju, susu, mentega, dan cokelat. Makanan tinggi lemak dan kolesterol tergolong makanan yang sulit dicerna oleh tubuh dan membutuhkan proses pencernaan yang lama. Makanan-makanan tersebut dapat memperlambat proses pengosongan pada lambung sehingga menyebabkan asam lambung naik. 

2. Makanan yang Berasa Asam dan Mengandung Asam Tinggi

Makanan yang mengandung asam tinggi dapat memperparah keadaan lambung. Lambung manusia yang bersifat asam akan sensitif terhadap makanan-makanan yang berasa asam dan mengandung asam tinggi.

Makanan yang tinggi asam contohnya buah-buahan yang rasanya masam. Tomat, jeruk, nanas, lemon, dan buah-buahan yang cenderung belum matang, seperti mangga muda. Kesemuanya itu tergolong buah-buahan yang harus dihindari oleh penderita penyakit lambung. Jika penderita asam lambung mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih, maka dapat menyebabkan sam lambung naik dan nyeri pada ulu hati.

3. Makanan yang Pedas

Makanan yang rasanya pedas bisa menyebabkan luka pada bagian esofagus dan memicu nyeri pada ulu hati. Cabai dan merica yang tergolong bumbu utama masakan pedas mengandung zat capsaicin, zat yang dapat mengganggu proses pencernaan dalam tubuh.

4. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein contohnya kopi, teh, dan minuman bersoda. Memang tidak semua penderita gangguan lambung akan kambuh ketika meminum yang berkafein. Namun ada beberapa yang langsung mengalami kembung dan mual setelah mengonsumsinya. 

5. Bawang Putih dan Bawang Bombai

Meskipun bawang putih baik untuk kesehatan jantung, namun ini menjadi pantangan untuk penderita lambung. Maka dari itu sangat tidak dianjurkan, bagi penderita lambung mengonsumsi kedua jenis bawang ini dalam keadaan mentah. Jika dimasak pun dianjurkan untuk tidak terlalu banyak menggunakan bawang putih maupun bawang bombai, karena dapat membuat perut mulas dan memicu baiknya asam lambung.

Kesimpulan:
Jika perut Anda sudah kena asam lambung, maka anda harus lebih hati - hati dalam memilih makanan dan harus selektif juga. Dan jaga lambung dalam keadaan baik. Jika lambung terasa asamnya mau naik, segeralah minum obat yang biasanya Anda konsumsi.

"Mencegah lebih baik dari pada mengobati"


Posting Komentar untuk "Penyakit Asam Lambung Harus Menghindari Makanan Yang Masam, Berlemak Dan Bekolesterol"