Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Menelan Sperma Halal Apa Haram? Baik Sengaja Ataupun Tidak Disengaja

Hukum menelan sperma baik disengaja ataupun tidak disengaja Haram hukumnya. Dilihat dari sisi medis juga seperti itu. memang dalam kemajuan peradaban manusia sekarang ini model bercinta dan gaya bercinta suami istri relatif banyak ( banyak gaya bercinta) dan biasanya suami istri akan mencoba berbagai macam gaya tersebut, bahkan sampai menelan sperma atau mani.

Menurut Imam Nawawi hukum dalam Islam menelan sperma baik sperma suami Haram hukumnya. Karena dalam Al-Quran Surat Al-A’raf ayat 157, berikut ayat Alquran :

اَلَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الرَّسُوْلَ النَّبِيَّ الْاُمِّيَّ الَّذِيْ يَجِدُوْنَهٗ مَكْتُوْبًا عِنْدَهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰىهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ اِصْرَهُمْ وَالْاَغْلٰلَ الَّتِيْ كَانَتْ عَلَيْهِمْۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِهٖ وَعَزَّرُوْهُ وَنَصَرُوْهُ وَاتَّبَعُوا النُّوْرَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ مَعَهٗٓ ۙاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ࣖ

Artinya: (Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), mereka itulah orang-orang beruntung.

Menurut Syaikh Abdurrahman Al-Barrak ada beberapa alasan mengharamkan menelan sperma.

1. Bisa juga wanita menelan Najis, sisa kencing yang sulit dibedakan atau sulit untuk memastikan bahwa itu adalah sperma.

2. Air mani atau sperema sebetulnya suci akan tetapi air dianggap buru. seperti contohnya makanan. tidak semua makanan halal meski mereka termasuk dalam keadaan suci.

3. Adegan itu dianggap tasyabbuh dimana adegan itu seperti adegan pezina yang menyerupai hewan karena hanya mengedepankan Syahwatnya saja.

Menelan Sperma Menurut Medis

Menurut medis ada beberapa yang menyebutkan bahwa menelan sperma itu baik untuk tubuh karena mengandung Protein, yang bisa memberikan nutrisi bagi tubuh.

Memang dari segi medis belum jelas efeknya bagi tubuh jika sperma itu ditelan manusia. Maka berhati hatilah menyerap informasi yang belum tentu benar informasinya. Dan dari segi medis air mani bisa sebagai perantara menularnya penyakit HIV. Maka berhati hatilah dan bijaklah.

Menurut Kebiasaan Budaya ( Budaya Umat Muslim)

Jika melihat dari segi pandang budaya masyarakat muslim secara keseluruhan mulai zaman Nabi sampai sekarang. Sebuah nilai budaya yang baik pada suatu masyarakat dan tidak bertentangan dengan hukum islam bisa menjadi patokan atau dasar hukum suatu perilaku dari budaya.

Dalam permasalahan ini menelan sperma tidak dikenal dari Zaman Nabi bahkan untuk budaya Indonesia saat ini.

Sudut Pandang Dari Segi Keturunan

Hubungan suami istri merupakan kegiatan untuk mendapatkan kepuasan dan keturunan yang baik. Coba anda bayangkan, jika anda berhubungan dengan suami ataupun istri dengan gaya bercinta yang tidak dianjurkan Agama bukan tidak mungkin anak yang dihasilkan akan diturun kepada anaknya kelak.

Dalam Islam sudah dijelaskan begitu Indahnya dalam melakukan hubungan suami istri. Rosulullah menyuruh umat muslim untuk berdoa dan sholat serta meminta keturunan yang baik sebelum melakukan hubungan suami istri.

Kesimpulan

Setelah kita melihat dari sudut pandang diatas bahwa menelan sperma adalah lebih mendekati HARAM menurut Agama Islam. Karena tidak ada manfaatnya bagi kita, hanya kepada kepuasan syahwat saja. Dan dianggap kurang Baik menurut akal manusia, Agama dan Budaya kita.


Posting Komentar untuk "Hukum Menelan Sperma Halal Apa Haram? Baik Sengaja Ataupun Tidak Disengaja"