Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Dan Mengatasi Penuaan Dini

Usia 17 tahun berasa 27 tahun, itu berarti Anda pada fase di mana wajah Anda nampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Keadaan seperti ini tentu dapat menyebabkan sebagian orang merasa tidak percaya diri bahkan insecure. Terlebih lagi pada wanita, umumnya mereka ingin selalu tampak cantik dan awet muda. Berbagai langkah pun dilakukan, mulai dari perawatan wajah secara alami, perawatan melalui dokter kulit ataupun perawatan rutin ke salon. Namun apa cukup dengan cara-cara instan agar Anda terlihat lebih muda? Tentu saja tidak. Anda perlu melakukan pencegahan sejak dini dengan menghindari faktor pemicu. Lalu apa yang harus dihindari agar wajah tidak terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya? Simak baik-baik ulasan berikut ini.

TAK INGIN TERLIHAT LEBIH TUA? HINDARI HAL-HAL INI!

Hindari Konsumsi Makanan Manis, Asin, dan Cepat Saji

Pola makan dan nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan wajah seseorang. Jika Anda tidak ingin terlihat lebih tua, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan banyak mengandung gula. Bagaimana mungkin gula dapat menyebabkan seseorang nampak leih tua? Kandungan gula yang berlebih akan disimpan di dalam tubuh. Kelebihan gula inilah yang menyebabkan kulit memerah dan iritasi karena gula menyerap kandungan air dalam tubuh dan memakan kolagen kulit. Kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Ketika kolagen mulai rusak akan muncul keriput di seputaran mata dan menimbulkan lingkar hitam yang membuat kesan wajah nampak lebih tua. Biasanya orang menyebutnya dengan penuaan dini.

Anda penggemar junkfood dan makanan-makanan instan cepat saji? Jika Anda tidak ingin terlihat lebih tua, sebaiknya mulai saat ini Anda hindari makanan-makanan fastfood ini. Memang tak dapat ditampik lagi, junkfood menjadi makanan favorit sehari-hari karena mudah didapat, murah, serta cepat saji. Namun siapa sangka, junkfood menjadi faktor pemicu penuaan dini. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangatlah sedikit sehingga mempengaruhi proses regenerasi pada kulit. Semakin banyak Anda mengonsumsi maka proses regenerasi kulit akan semakin terhambat. Kandungan zat kimia aditif yang ada di dalamya dapat merusak sel-sel kulit sehingga kulit yang seharusnya berganti, akan terhambat dan menimbulkan penuaan dini serta kulit yang kusam.

Baca Juga : Cara Menjaga Imun Tubuh

Selain makanan manis dan makanan instan, untuk menghindari penuaan dini Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin. Makanan ringan yang gurih dan asin memang sangat menggoda. Tapi dibalik kemenarikan rasanya, dampak yang ditimbulkan oleh rasa asin ini dapat menyebabkan kulit Anda menjadi semakin kering. Kandungan garam yang berlebih jika dikonsumsi dan masuk dalam tubuh menyebabkan retensi air yang berlebihan. Kandungan sodium dalam garam memaksa tubuh menahan air sehingga kulit akan terlihat kusam dan bengkak saat Anda bangun tidur di pagi hari.

Hindari Tidur Larut Malam

Tidak hanya faktor makanan saja yang menjadi pemicu wajah terlihat lebih tua. Pola tidur yang tidak terprogram, seringnya tidur larut malam dapat menyebabkan kulit wajah Anda menjadi lebih cepat tua. Orang yang kurang tidur atau tidur terlalu larut malam akan mengalami gangguan fungsi hati dan proses regenerasi kulit yang terhambat. Kolagen yang seharusnya terbentuk pada jam-jam malam akan mengalami penurunan sehingga kelembaban dan elastisitas kulit berkurang. Alhasil, kulit wajah akan tampak kusam dan semakin keriput. Untuk itu Anda perlu menjaga pola tidur dan nutrisi makanan yang masuk dalam tubuh agar kesehatan kulit dan juga wajah Anda tetap sehat dan segar. 


Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Dan Mengatasi Penuaan Dini"