Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar Dari Jamur

Setiap komponen atau bagian di kendaraan mobil memiliki fungsinya masing masing yang sangat penting. Misalnya kaca spion mobil yang adalah bagian kecil sederhana namun kegunaannya sangat penting. Karena fungsinya tersebut Anda setidaknya harus merawat kaca mobil supaya tetap bersih dan terhindar dari jamur. Bagaimana caranya?

Sebagaimana yang kita tahu jamur bisa tumbuh dimana saja termasuk pada permukaan kaca mobil. Apalagi kalau mobil dalam kondisi yang kotor dan lembab, kemungkinan jamur akan dengan mudah tumbuh. Beberapa kebiasaan para pengguna mobil adalah tidak membilas dengan bersih sisa sisa sabun setelah selesai mencuci mobil, tidak mengelap mobil sampai kering setelah dicuci bahkan parkir di sembarang tempat yang sebenarnya bisa mencemari mbil.

Untuk mencegah atau menghindari kondisi kaca mobil yang terkena jamur, ada beberapa tips dan cara perawatan kaca mobil yang bisa Anda ikuti. Mari simak.


1. Rutin memeriksa karet wiper

Tahukah Anda, salah satu bagian pada kaca mobil yakni karet wiper adalah bagian yang cukup rentan menjadi getas dan keras karena dipengaruhi oleh suhu panas yang terlalu tinggi maupun karena faktor usia pakai. 

Nah, untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya pada saat siang hari tegakkan tiang wiper supaya tidak menyentuh permukaan kacanya. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa karet wiper sebulan sekali untuk memastikan apakah masih lentur atau tidak. Bersihkan juga menggunakan kain.

2. Bersihkan kaca berfilm

Khususnya mobil yang diaplikasi dengan kaca film harus memperhatikan kondisi kaca tersebut sebab rentan terhadap adanya goresan. Bagaimana cara membersihkannya, Anda bisa memanfaatkan pembersih kaca yang sifatnya lembut.

Campurkan air lalu lap dengan menggunakan chamois. Hindari penggunaan produk cleaner yang memiliki material soda dan sampo karena bisa membuat lapisan fitur penahan panas menjadi terkelupas.

3. Melakukan Tretment Poles UntukKkaca Mobil

Umumnya banyak pengguna mobil hanya sering melakukan treatment poles di badan mobil saja, padahal Anda bisa juga loh mendapatkan treatment poles untuk kaca mobil Anda. Manfaat dari treatment poles ini akan menghilangkan berupa noda jamur yang kemungkinan menempel. Untuk melakukan treatment ini hanya bisa dilakukan di workshop car care, tidak bisa secara mandiri.

4. Menggunakan Produk Pembersih Kaca

Apabila Anda termasuk orang yang rajin dalam merawat mobil secara mandiri, Anda bisa memanfaatkan produk pembersih kaca yang sekarang ini banyak dijumpai di pasaran dengan harga terjangkau. Pilihlah produk pembersih kaca yang paling ideal yang memiliki kandungan citric acid atau alkohol. 

5. Coating Kaca Mobil

Sekarang ini ada banyak coating yang bisa dilakukan pada mobil Anda. Coating ini tidak hanya dapat diterapkan pada body mobil saja tetapi juga untuk kaca mobil. Perlindungan yang diberikan melalui coating akan memberikan banyak manfaat pada mobil Anda. yang terutama adalah membuat kaca mobil menjadi tahan lama skarena melindungi dari kotoran yang menempel termasuk jamur.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang cara dan tips perawatan kaca mobil agar terhindar dari jamur atau hal lainnya yang bisa membuat kaca kusam bahkan membuat Anda tidak bisa melihat dengan baik. 

Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menggunakan cairan pembersih jamur, namun sebenarnya cairan tersebut sendiri tidak bisa di aplikasikan ke kaca mobil. Bijaksanalah untuk merawat mobil Anda supaya tetap baik dan awet. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "5 Tips Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar Dari Jamur"