Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENJAGA IMUN TUBUH KITA DIMASA PANDEMI

 IMUNITAS TUBUH, KUNCI TUBUH SEHAT

Kesehatan ibarat sebuah permata yang teramat berharga nilainya. Bahkan jika ditukar dengan ratusan juta sekalipun kesehatan lebih bernilai harganya. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk tetap menjaga kesehatan dalam tubuhnya. Namun sebenarnya kunci kesehatan itu satu, yakni imunitas tubuh.


Perihal Memelihara Imunitas Tubuh

Bagaimana cara memelihara imunitas tubuh? Terlebih di masa pandemi seperti saat sekarang ini imunitas tubuh sangat diperlukan agar tidak terkena virus Covid-19 yang menjadi momok bagi setiap orang. Memelihara imunitas sebenarnya cukup simpel tapi kadang terhalang oleh rasa malas. Salah satunya kegiatan rutin berolahraga minimal 15 menit tiap pagi dan sore hari. Menyempatkan diri untuk menggerakkan tubuh ini tidak semua orang bisa menerapkannya. Ada yang beralasan tergesa-gesa untuk berangkat kerja sehingga tidak sempat berolahraga. Ada yang memilih untuk tidur sore sepulang kerja. Hal-hal semacam inilah yang mengurangi tingkat imun dalam tubuh. 

Selain berolahraga, kunci menjaga imunitas tubuh adalah memperbanyak konsumsi air putih. Ini juga merupakan langkah yang sepele. Saking sepelenya, banyak orang yang menyepelekan khasiat langkah jitu ini. Bagaimana mungkin hanya dengan meminum air putih saja dapat memelihara imunitas tubuh? Hal ini erat kaitannya dengan transportasi oksigen dalam sel-sel tubuh manusia. Oksigen akan beredar dengan lancar dalam tubuh jika supplai air dalam tubuh juga tercukupi. Air putih juga dapat memaksimalkan kinerja sistem-sistem dalam tubuh manusia sehingga daya tahan tubuh (imunitas) akan tetap terpelihara.

BACA JUGA : BAWANG LANANG SEBAGAI OBAT PRIA

Selain konsumsi air, nutrisi yang cukup dan teratur juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Banyak orang sibuk berkarier dan remaja sibuk belajar namun melupakan nutrisi yang dibutuhkan. Padahal tubuh yang telah penat dan lelah karena banyaknya aktifitas akan kembali fresh dan segar jika nutrisi dalam tubuh terpenuhi. 

Apa hanya cukup berolahraga dan memperbanyak konsumsi air putih serta nutrisi saja yang diperlukan untuk memelihara imunitas tubuh? Jawabannya adalah belum cukup, karena jika hanya memelihara kesehatan fisik saja tanpa mengendalikan emosi dan pikiran maka seseorang akan rentan terkena penyakit. Contoh kecilnya saja adalah stres. Stres akan berdampak pada kesehatan fisik sehingga dapat menurunkan daya imun dalam tubuh. Para ahli peneliti mengungkapkan bahwa stres menjadi 99% faktor utama penyebab munculnya suatu penyakit dalam tubuh. Ketika pikiran negatif muncul secara terus menerus dapat mengacaukan pikiran dan menurunkan kinerja di otak. Penyakit pikiran ini akan menurunkan kinerja sel-sel dalam tubuh sehingga daya imun turun dan seseorang akan rentan terkena penyakit.

Melawan Malas Demi Imunitas Tubuh

Tiga kunci utama di atas tidak akan tercapai jika malas terus menghinggapi diri. Lantas bagaimana cara agar terhindar dari rasa malas berolahraga, malas minum air putih, dan malas mengonsumsi nutrisi secara  teratur? Rasa malas itu muncul dari dalam diri kita sendiri. Muncul dari pikiran. Itu artinya sebenarnya kita dapat mengendalikan dan mengalahkannya juga dengan menggunakan pikiran. Membentuk pikiran positif dan membuang segala pikiran negatif itu salah satu cara agar diri terhindar dari rasa malas. Pikiran positif dibentuk untuk mensugesti diri dan mensugesti tubuh dalam menolak penyakit. Rasa malas akan kalah dengan sugesti bahwa diri ini harus sehat dan kuat. Rasa malas akan pergi jika kita bangkit dan bersemangat. Dengan menjaga pikiran positif dan memelihara imunitas tubuh, maka tubuh akan tetap sehat.


Posting Komentar untuk "CARA MENJAGA IMUN TUBUH KITA DIMASA PANDEMI"