Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Daring Dimasa Covid 19

Pendidikan Daring Masa covid sekarang ini sangat berdampak sekali terhadap anak-anak. khusunya karakter. Hal ini karena yang mengajari anak khusus tingkat SD, SMP, MI, MTs adalah orang tuanya sendiri. Dan biasanya, anak- anak jika di ajari oleh orang tua malah menjadi salah tingkah, ogah - ogahan alias tidak nurut. Dan menjadi perang antara orang tua dan anak.. Iya kan teman teman?? 

Dengan keadaan seperti itu orang tua akhirnya darah tinggi naik, wkwk..wkwk.. dan ada juga yang mengundang guru les prifat ke rumah untuk mengelesi anaknya. Walaupun sudah diundangkan guru les, namanya anak - anak pasti tetep saja semaunya sendiri.

Karena anak- anak sudah terlalu lama dirumah dan selalu pegang android, maka , anak anak sudah malas untuk belajar dan asik dengan gedget nya. maka orang tua harus punya trik khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut ini Hal Efektif Untuk Mendidik Anak Dirumah



1. Ciptakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan

Seumuran anak SD biasanya malas untuk belajar dirumah, bukannya mereka tidak pandai, melainkan karena lingkungan belajar mereka saat dirumah kurang nyaman. Maka orang tua harus menciptakan rumah yang nyaman bagi anak anak. salah satu contohnya belajar tidak harus diruangan belajar, bisa dibawa ke teras atau ke samping rumah atau lainnya yang membuat anak anak pada saat belajar merasa nyaman dan senang.

2. Bimbing anak agar bisa mengatur waktu

Ketika seorang anak sudah bisa mengatur waktu berarti tidak ada permasalahan lagi terkait waktu belajar, karena, anak anak seusia anak SD biasanya masih suka dengan main keluar rumah, dan jika sudah main lupa akan waktu untuk belajar. Dari situ kita bisa memberikan arahan kepada anak kita untuk mengatur waktunya kapan main dan kapan belajar.

Anak usia SD biasanya dari guru sudah di beri PR (Pekerjaan Rumah), bimbing anak anak untuk mengerjakan PR tersebut di jam yang sama setiap hari, salah satu contoh: setiap jam 15.00 harus mulai mengerjakan PR dari guru. setelah itu belajar. Biasakan setiap hari di jam yang sama.

3. Daftar Hal - Hal Yang Harus Dikerjakan Anak Hari Ini

Sangat perlu sekali untuk melatih kedisiplinan anak dalam belajar, orang tua membuatkan Cecklist atau daftar yang harus dikerjakan si anak pada hari ini. Libatkan anak dalam membuat checklist itu agar anak juga menambahkan sesuatu daftar kegiatannya yang belum masuk ke checlist.

Pada dasarnya anak itu bisa mengatur waktu, tetapi supaya dapat cepat realisasi ke kehidupan anak, maka kita harus membimbingnya sampai anak anak bener paham akan managemen waktu.

4. Mengajari Anak Untuk Persiapan Ulangan

Setiap orang tua pasti yang diharapkan adalah nilai anaknya bagus, rangking satu dan lain lain, anda tidak perlu menuntut hal itu kepada anak, yang perlu kita siapkan adalah bagaimana cara untuk menghadapu Ujian atau ulangan yang akan dihadapi anak - anak tersebut.

Ajari anak untuk belajar yang dengan senang, seru dan anak tidak cepat bosan, karena sistem belajar seperti ini akan selalu diharapkan oleh anak. Agar anak semakin siap menghadapi ujian atau ulangan, pastikan anak mengetahui jadwal ujian yang akan dihadapi, setelah tau bimbing atau dampingi anak untuk belajar.

5. Pahami Aturan Sekolah

Cara mengajari anak selanjutnya adalah bimbing anak untuk mengetahui peraturan sekolah. dan hukuman yang di berikan sekolah jika melanggar.

Setiap sekolah pasti memiliki peraturan masing masing. dengan demikian anda sebagai orang tua juga ikut mendukung peraturan - peraturan dari sekolah.

6. Meningkatkan Semnagat Belajar Anak

Mengajari anak SD tidak sulit asalkan anda mengenalkan kepada mereka apa fungsi dari belajar dan point point penting saat belajar. Misalnya anak ingin ranking satu dikelasnya, berarti anda harus mendukung anak dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memberi semangat kepada mereka. Dan jangan lupa setelah mereka berhasil meraih impiannya, anda harus memberikan hadiah kecil kepada anak - anak.

7. Maksimalkan Waktu Belajar

Dalam belajar tidak memerlukan waktu yang lama, tetapi konsisten dalam belajar. Buat belajar dirumah seefisien mungkin, pelajari sesuatu yang sulit dahulu menurut anak. Cari tahu dimana letak kesulitannya dan pecahkan secara bersama.

Penutup

Demikian sedikit trik untuk membinging anak dalam belajar dirumah, semoga bermanfaat 


Posting Komentar untuk "Pendidikan Daring Dimasa Covid 19"