Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menangani Sesak Napas, Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan

Penanganan pertama sesak napas harus teman teman ketahui. Sesak napas harus ditangani secara serius karena bisa mengancam jiwa penderitanya.

Penanganan pertama penderita sesak napas
















Sesak napas bias terjadi akibat seseorang kekurangan udara untuk bernapas. Hal ini terjadi diakibatkan aktivitas yang berlebihan tau badan sudah tidak sehat. Misalnya serangan jantung, asma, peneuminia.

Bagaimana jika ada seseorang didektamu mengalami hal seperti ini? Tentunya Anda harus memberikan pertolongan pertama kepada penderita sesak napas tersebut.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Jamur Kulit atau Panu

Pertolongan Pertama Sesak Napas

Pertolongan pertama yang harus Anda lakukan jika terjadi kepada seseorang di lingkungan sekiar Anda, Berikut langkah langkah memberikan pertolongan pertama pada orang yang sesak napas.

1. Menghubungi Medis terdekat

Sesak napas diakibatkan oleh kondisi tertentu yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Oleh sebab itu, Anda harus sesegera mungkin menghubungi medis terdekat untuk penanganan yang lebih cepat.

2. Langsung Lakukan Tindakan Penanganan Pertama

Sambil menunggu medis dating, sebaiknya anda melihat kondisi penderita sesak napas tersebut. Dan Anda dapat melakukan beberapa upaya untuk membantu meringankan penderita sesak napas tersebut.

3. Memeriksa Keadaan Penderita

Sambil menunggu medis, anda dapat memeriksa pernapasan, denyut nadi, jalan napas orang yang mengalami sesak napas tersebut dan Anda jangan sampai panic.

4. Melonggarkan sesuatu yang menghambat gerak

Untuk pertolongan pertama, Anda harus melonggarkan hal – hal yang ketat yang melekat ditubuh orang sesak napas. Seperti Pakaian ketat, Ikat pinggang, Sepatu dan apapun yang membuat penderita Semakin Sulit Bernapas.

5. Posisikan Penderita Sesak Napas Dengan Posisi Yang Nyaman.

Posisikan seorang yang sesak napas dengan posisi yang membuat aliran udara lebih banyak masuk ke tubuh. Namun, posisi tersebut berbeda beda sesuaikan dengan kenyamanan orang yang sesak napas.

6. Membantu Menggunakan Alat Oksigen

Jiak seseorang tersebut memang punya riwayat sesak napas, biasanya dia membawa alat atau obat khusus untuk mengatasi sesak napas itu, maka Anda tanyakan dan bias membantu untuk menggunakan oksigen tersebut.

7. Membuat Penderita Sesak Napas Beristirahat

Sesak napas jika terlalu bnayak bergerak, Oksigen yang dikeluarkan juga semakin banyak, Maka membuat penderita istirahat akan menghemat pengeluaran O

8. Terus Memantau Keadaan Penderita Sesak Napas

Pantaulah secara terus menerus pernapasan dan denyut nadi penderita sesak napas tersebut. Dan terus damping orang tersebut sampai Medis dating.

9. Jangan Memberinya Makan Dan Minum

Memberikan makan dan minum kepada penderita sesak napas akan membuatnya tersedak dan akan semakin parah. Oleh sebab itu jangan berikan makan dan minum itu, berikanlah obat khusus yang dimiliki penderita sesak napas.

10. Jangan Memindah Posisi

Jika penderita sesak napas sudah nyaman dengan posisinya, jangan memindahkannya, jika terpaksa memindahkan harus dengan posisi penderita nyaman di posisi tersebut.

Baca Juga : Cara Menguruskan Badan

Langkah langkah penanganan pertama seseorng sesak napas diatas bias anda lakukan selama menungu pihak Medis datang. Akan tetapi, jika sesak napas terjadi berulang – ulang, maka segeralah pergi ke Dokter untuk memeriksakannya. Karena sesak napas dengan gejala seperti pilek, berkeringat,tidak bias tidur, batuk tidak sembuh – sembuh, batuk disertai darah, kesulitan bernapas pada saat  melakukan sesau dan kehilangan berat badan harus mendapatkan perhatian Medis dan selalu konsultasi denga Dokter Anda. sumber sehatq.com


Posting Komentar untuk "10 Cara Menangani Sesak Napas, Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan"