Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Air Rendaman Beras Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda berpikir bahwa limbah memiliki manfaat yang cukup besar untuk kehidupan? Contohnya saja Air Rendaman Beras yang tergolong salah satu limbah organik (dapat diuraikan oleh bakteri) memiliki manfaat yang luar biasa. Jika orang tua kita seorang petani biasanya memiliki ternak, dan pada saat masak nasi dipagi hari mereka selalu memasak sendiri nasinya. Kerena  beras merupakan hasil dari pertanian mereka, maka dari itu orang tua kita jarang sekali yang beli beras. Manfaat air rendaman beras untuk kesehatan sangat banyak sekali fungsinya.

Air rendaman beras sangat bermanfaat untuk kesehatan

Air bekas rendaman beras memiliki ciri khusus berwarna putih kental yang kaya akan nutrisi dan vitamin B. Manfaat yang dirasakan tidak terbatas untuk lingkungan saja, tapi juga bagus untuk kesehatan, bahkan bisa bermanfaat untuk kecantikan. Dalam istilah jawa, air rendaman beras biasa dinamakan air leri. Air leri mengandung nutrisi berupa asam amino, vitamin A, B1, dan vitamin C serta mengandung zat antioksidan.

Dengan penduduk Indonesia yang mayoritas pekerjaannya adalah petani, mencari air rendaman beras sangat gampang sekali. Karena masyarakat Indonesia khususnya yang pedesaan untuk makan biasanya memanfaatkan hasil dari bertaninya.

Penduduk Indonesia mayoritas adalah Petani

Manfaat air rendaman beras yang berkaitan dengan kecantikan dan kesehatan antara lain sebagai berikut.

Dapat menyuburkan rambut

Bagi Anda yang memiliki keluhan pada rambut yang kering dan mudah rontok, Anda dapat menggunakan air leri sebagai kondisioner rambut. Caranya, setelah rambut dibasahi air dan shampo dan dibilas lagi menggunakan air bersih, guyurkan dan ratakan air leri secara menyeluruh sampai ke akar rambut. Diamkan sebentar, kemudian bilas kembali menggunakan air bersih. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, Anda dapat menggunakannya dua kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe dan kutu rambut

Biang rambut berupa ketombe dan kutu rambut yang sering membuat gatal-gatal serta perih di kulit kepala, dapat dibasmi menggunakan air rendaman beras. Sifatnya yang dapat memberikan keseimbangan pada pH kulit ini sehingga dapat bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

Untuk menghilangkan kutu rambut, gunakan air rendaman beras dengan cara meratakannya ke seluruh bagian rambut sampai ke kulit kepala. Kemudian bungkus rambut dengan topi kepala dan mendiamkannya selama 1 jam agar air leri ini dapat bekerja secara maksimal dalam membunuh kutu rambut.

Mengatasi rambut bercabang

Memiliki rambut yang sehat dan tidak bercabang merupakan dambaan setiap wanita. Rambut yang bercabang terlihat kurang sehat dan cantik. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi karena air leri dapat mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan mencelupkan bagian ujung-ujung rambut ke dalam wadah yang berisi air leri dan mendiamkannya kurang lebih 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih.

Mengatasi masalah jerawat dan flek hitam pada wajah

Air rendaman beras mengandung oryzanol yang dapat mengangkat flek hitam pada wajah. Sedangkan allantoin di dalamnya dapat memudarkan bekas-bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan. Selain itu kandungan nutrisi tersebut juga dapat mencegah pigmentasi kulit wajah.

Mengatasi kelebihan minyak dan menyehatkan kulit wajah

Wajah berminyak secara berlebih dapat diatasi dengan membasuh wajah menggunakan air rendaman beras. Kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya pun mampu meremajakan kulit sehingga kulit wajah nampak lebih berih dan sehat.

Membantu melembabkan kulit

Vitamin B kompleks yang terdapat dalam air rendaman beras membantu menutrisi kulit sehingga kulit tubuh akan lebih lembab dan tidak kering lagi. Fermentasi air leri juga dapat membantu meningkatkan kolagen dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal.

Manfaat air rendaman beras atau air leri selain untuk kecantikan dan kesehatan, juga memiliki manfaat besar terhadap lingkungan.

Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Zat gizi berupa karbohidrat dan vitamin pada beras membuat air bekas rendamannya dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Komponen vitamin B1-nya dapat membantu pertunasan pada cabang dan daun.

Dapat Digunakan sebagai Pupuk

Hasil fermentasi dari air rendaman beras dijadikan pupuk organik cair (POC) bermanfaat untuk memperkuat perakaran tanaman. Juga dapat menghindarkan tanaman dari penyakit sehingga tanaman lebih sehat secara alami.

Untuk Minuman Ternak

Air rendaman beras banyak mengandung vitamin yang baik untuk minuman hewan ternak anda. Kandungan air rendaman beras sangat baik untuk kesehatan ternak kita.

Nah.. setelah Anda mengetahui besarnya manfaat air bekas rendaman beras atau air leri, jangan Anda buang begitu saja. Manfaatkan untuk lingkungan atau juga untuk kesehatan dan kecantikan.


Posting Komentar untuk "9 Manfaat Air Rendaman Beras Untuk Kesehatan"