Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dan Bagi Wajah Akan Cerah Berseri - Seri

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan khususnya umat Muslim sangat mengetahuinya, disamping membersihkan hadas kecil Wudhu juga bisa membuat wajah cerah, sehat dan cantik berseri - seri.

Manfaat wudhu adalah untuk menyehatkan dan membuat wajah menjadi cerah dan bersei seri.

Dalam ajaran Agama Islam, sebelum menjalankan ibadah sholat, diwajibkan untuk mensucikan diri dari hadats besar dan hadats kecil. Cara bersuci dari hadats kecil adalah dengan berwudhu. Baik tata cara maupun niatnya sudah diatur sedetail mungkin di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Mengenai dalil yang mengatur tentang berwudhu dijelaskan dalam Surat Al-Maidah ayat 6, sebagaimana tertera di bawah ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetai Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya, supaya kamu bersyukur.”

Jika ditinjau dari sudut pandang secara sempit, wudhu itu memang mensucikan diri dari hadats kecil. Namun jika melebarkan sudut pandang mengenai manfaat wudhu yang lainnya, akan banyak ditemui manfaat-manfaat besar untuk kesehatan. 

Baca Juga: Makanan Haram Dalam Islam

Baca Juga : Lambebubrah Website

Jika ada orang awam menanyakan, benarkah berwudhu itu menyehatkan? Yuk mari kita telaah bersama mengenai hubungan wudhu dengan tubuh kita dan juga dengan kesehatan.

Berikut Manfaat Dari Berwudhu :

Membersihkan dari kotoran dan kuman

Jika Anda ingin membersihkan dari kotoran hanya dengan cuci tangan cuci kaki saja, nanggung rasanya. Lebih baik Anda melengkapinya dengan berwudhu. Dengan kesempurnaan gerakan wudhu, air yang membasahi sebagian anggota tubuh itu akan mengalir dan membersihkan diri dari kotoran serta kuman. 

Gerakan awal dengan berkumur-kumur dan membersihkan kedua lubang hidung ini termasuk membersihkan sebagian anggota tubuh dari kotoran, debu, dan kuman. Berdasarkan penelitian, air yang dibacakan doa-doa akan membentuk kristal tertentu dan tentunya air wudhu ini akan berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh.

Mengembalikan kekuatan otot pada wajah

Salah satu gerakan wudhu selanjutnya adalah membasuh wajah sebanyak tiga kali. Dengan kesegaran air yang telah dibasuhkan ke wajah terutama akan menyegarkan wajah, mengembalikan kekuatan otot-otot pada wajah dan membersihkan wajah dari debu-debu serta kotoran. Selain dari gerakan membasuh wajah, kekuatan otot pada wajah juga karena gerakan berkumur-kumur.

Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Salah satu macam penyakit yang bisa dicegah dengan cara berwudhu adalah penyakit kanker kulit. Disebutkan dalam sebuah penelitian Mokhtar Salem, bahwa air wudhu yang meresap melalui pori-pori kulit akan membuang zat-zat kimia yang menempel di kulit. Zat kimia akan terbuang bersama aliran air.

Selain penyakit kanker kulit, wudhu juga dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit pada sistem pencernaan. Dokter spesialis penyakit jantung di London, Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim menyatakan bahwa bagian tubuh yang terkena air wudhu yang tadinya lemah akan kuat kembali. Sehingga aliran darah di dalam pembuluh darah akan lancar. Ketegangan otot dan syaraf akan normal kembali. Hal ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Dalam hal pencegahan penyakit pada sistem pencernaan, air wudhu yang meresap melalui kulit dan tubuh kita akan melancarkan pertukaran zat sehingga sistem pencernaan akan terangsang dan pencernaan pun kembali lancar. Kesehatan organ sistem pencernaan pun juga akan selalu terjaga melalui gerakan dan air wudhu ini.

Maka dari itu sebelum melakukan aktifitas sehari - hari wudu terlebih dahulu akan lebih baik. Dan sangat dianjurkan dalam Islam.


Posting Komentar untuk "Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Dan Bagi Wajah Akan Cerah Berseri - Seri"